Kamis, 02 Januari 2014

Nikmatnya BertaniI Cabe



Aceh Tamiang adalah sebuah kabupaten yang letaknya di ujung timur provinsi aceh yang juga sebagai pintu masuk utama ke provinsi aceh atau sering juga disebut wilayah perbatasan antara provinsi aceh dengan provinsi sumatera utara.
Kabupaten aceh tamiang memiliki 11 kecamatan yang menjadi wilayah kabupaten aceh tamiang, diantaranya yaitu kecamatan sekerak yang memiliki 14 kampung dengan mayoritas masyarakatnya beragama islam dan suku melayu tamiang.
Salah satu kampung yang menjadi wilayah kecamatan sekerak adalah kampung Pematang Durian dengan jumlah penduduk 233 jiwa dengan luas wilayah 50 ha, Wilayah Kampung Pematang Durian terletak di seberang sungai tamiang.
Masyarakat Kampung Pematang Durian masih banyak menggunakan transpotasi darat dibandingkan transpotasi air.
Mayoritas mata pencaharian masyarakat adalah di sektor pertanian dan perkebunan, yang sangat menmbutuhkan jalan  yang layak untuk dilalui guna membawa hasil pertanian dan perkebunan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

            Upaya pemerintahan kampungi  Pematang Durian dari masih bergabung dengan kecamatan karang baru hingga pemekaran menjadi kecamatan sekerak belum juga ada uluran tangan pemerintah kabupaten untuk membuat jalan tersebut menjadi layak untuk dilintasi masyarakat.
            Pada tahun 2013 masyarakat kampung Pematang Durian mendapatkan  suatu kesempatan untuk didanai melalui program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri perdesaan PNPM MPd dengan usulan SPP Perguliran dengan dana Rp. 30,000,000,-.
            Alangkah senang masyarakat kampung Pematang Durian dengan adanya PNPM MPd yang mendanai kegiatan SPP Perguliran yang menjadi idaman masyarakat kampung Pematang Durian.

            Setelah melalui proses Indentifikasi Kelompok maka tibalah ke proses pengajuan proposal  dengan jangka waktu 1 bulan maka setalah proses tahapan selesai tibalah saatnya kelompok untuk menikmati dana SPP yang gunakan untuk usaha pertanin yaitu pembelian bibit,racun,pupuk untuk tanaman cabe yang menjadi pekerja  tambahan ibu-ibu pemetang Durian dan juga menjadi penambahan pendapatan keluarga. kegiatan yang akan menjadi suatu kebutuhan bagi kelompok dalam  kampung Pematang Durian.
            Dengan harga cabe mencapai Rp 45000/Kg. Adu…nikmatnya bertani cabe masyarakat kampung Pematang Durian  merasa sangat puas dan mengucapkan syukur atas bantuan yang sudah bermanfaat bagi masyarakat kampung Pematang Durian, sampai dengan saat ini masyarakat tidak bersusah payah untuk mendapatkan dana demi meningkat ekonomi keluarga, terima kasih PNPM MPd semoga selalu tampa pamrih dalam membangun desa wasallam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar