Senin, 06 Januari 2014

Yang Diharapkan Akhirnya Tercapai

Aceh Tamiang adalah sebuah kabupaten yang letaknya di ujung timur provinsi aceh yang juga sebagai pintu masuk utama ke provinsi aceh atau sering juga disebut wilayah perbatasan antara provinsi aceh dengan provinsi sumatera utara. Kabupaten aceh tamiang memiliki 12
kecamatan yang menjadi wilayah kabupaten aceh tamiang, diantaranya yaitu kecamatan sekerak yang memiliki 14 kampung dengan mayoritas masyarakatnya beragama islam dan suku melayu tamiang.
Salah satu kampung yang menjadi wilayah kecamatan sekerak adalah kampung Suka Makmur dengan jumlah penduduk 160 jiwa dengan luas wilayah 12 ha, Wilayah Kampung Suka Makmur terletak di seberang sungai tamiang.
Masyarakat Kampung Suka Makmur masih banyak menggunakan transportasi darat dibandingkan transportasi air.
Mayoritas mata pencaharian masyarakat adalah di sektor pertanian dan perkebunan, yang sangat membutuhkan jalan dan jembatan yang layak untuk dilalui guna membawa hasil pertanian dan perkebunan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Upaya pemerintahan kampungi  Suka Makmur dari masih bergabung dengan kecamatan karang baru hingga pemekaran menjadi kecamatan sekerak belum juga ada uluran tangan pemerintah kabupaten untuk membuat jalan tersebut menjadi layak untuk dilintasi masyarakat.
         Pada tahun 2009 masyarakat kampung Suka Makmur mendapatkan  suatu kesempatan untuk didanai melalui program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri perdesaan PNPM MPd dengan usulan Jembatan  Gantung 2 x 30 m dengan dana Rp. 189.949.200,-.
Alangkah senang masyarakat kampung Suka Makmur dengan adanya PNPM MPd yang mendanai kegiatan Jembatan  Gantung yang menjadi idaman masyarakat kampung Suka Makmur.

Setelah melalui proses perencanaan maka tibalah ke proses pelaksanaan dengan jangka waktu 3 bulan pelaksanaan, TPK ( tim pengelola kegiatan ) dengan masyarakat yang menjadi pekerja  dan juga menjadi pengawas dari kegiatan Jembatan Gantung tersebut harus benar membantu proses pelaksanaan kegiatan yang akan menjadi suatu kebutuhan bagi kampung Suka Makmur.
Setelah dilakukan pelaksanaan yang cukup melelahkan dan masyarakat kampung Suka  Makmur  merasa sangat puas dan mengucapkan syukur atas bantuan yang sudah bermanfaat bagi masyarakat kampung Suka Makmur, sampai dengan saat ini masyarakat tidak bersusah payah lagi dalam melakukan aktifitas demi meningkat ekonomi masyarakat, terima kasih PNPM MPd semoga selalu tanpa pamrih dalam membangun desa wasallam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar