Rabu, 15 Januari 2014

Saluran Beton Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik



Dewasa ini, masyarakat sangat diberikan kemudahan dengan berbagai fasilitas yang melingkupi sarana dan prasarana agar mempermudah aktifitas sehari-hari. Pesatnya kemajuan teknologi telah banyak memberi sumbangsih dalam hal merubah gaya hidup dan pola pikir masyarakat. Sehingga segala permasalahan dapat diselesaikan dengan cara cepat dan mudah. Namun demikian, kemudahan teknologi tersebut tidak dapat dirasakan oleh semua masyarakat. Salah satunya adalah kesejahteraan masyarakat yang masih jauh dari rata-rata. Begitu Pula dengan kesehatan, banyak warga desa yang tidak memperdulikan kesehatan lingkungan dimana mereka tinggal sehingga dampaknya akan berpengaruh pada kesehatan mereka sendiri. Seperti salah satu desa di kecamatan karang baru ini yaitu desa Afdheling Slele di desa itu masih kurang sekali prasarana saluran beton, padahal saluran beton ini sangat banyak manfaatnya karena dapat mengalirkan air limbah rumah tangga ke saluran pembuangan akhir atau sungai. Karena selama ini warga desa Afdheling Slele banyak yang membuang limbahnya ke sebuah penampungan yang ada di halaman rumahnya masing-masing sehingga menyebabkan air tergenang dan inilah yang menjadi salah satu sumber penyakit.
Berikut foto hasil kegiatan BKPG 2013 Desa Afdheling Slele yang didanai oleh BKPG Tahun Anggaran 2013 :


            Seperti yang terlihat pada gambar diatas saluran beton ini belum 100% selesai karena masih akan ada pekerjaan plesteran pada dinding saluran. Berikut Rincian penggunaan dana BKPG untuk kegiatan saluran beton ini :
·        Pembangunan Saluran Beton
Ukuran dan dimensi : 0,5 m x 0,5 m x 0,3 m
Panjang                     : 284 Meter
Dengan Dana Fisik   : Rp. 47.500.000
Dana Operasional     : Rp. 2.500.000
Berikut Foto Saluran Beton yang mengalirkan air ke Saluran Pembuang Akhir atau sungai :

             Waktu pelaksanaan kegiatan ini ditetapkan selama 90 hari dengan jumlah pemanfaatan sebanyak 350 orang. Adapun dampak dari terselesaikannya pekerjaan ini adalah Teralirkannya Limbah rumah tangga warga desa Afdheling Slele ke Saluran Pembuangan Akhir atau sungai. Sehingga yang dulunya warga desa Afdheling Slele membuang air limbahnya ke penampungan rumah masing-masing hingga air tergenang yang mengakibatkan banyaknya nyamuk dan lalat yang menjadi sumber penyakit. ( Karang Baru, Aceh Tamiang ).

Oleh:
Rezy Fariz Erlanggar, ST FT Kecamatan Karang Baru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar