Sabtu, 19 Oktober 2013

Perkerasan Jalan Imp



Kampung Gelung adalah salah satu kampung yang ada di Kecamatan Seruway yang ikut berpatisipasi dalam Program Nasional pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan dan Bantuan Keungan Peumakmoe Gampong terletak di kemukiman muka sungai kuruk dan berbatasan wilayah Sebelah Utara dengan Kampung Baru, Sebelah Selatan  dengan Kampung Rantau Pakam Sebelah Timur dengan Perkebunan Parasawita (Mapala) dan Sebelah Barat berbatasan dengan Kampung Paya Udang. 
Jalan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan tarnsportasi bagi masyarakat dan akses dalam meningkatkan perekonomian kampung untuk meningkatkan kesejahteraan  masyarakat. Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat dan bantuan Peumakmoe Gampong juga mempunyai tujuan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Pada Tahun 2012 Kampung Gelung Didanai Kegiatan Perkerasan Jalan dengan biaya  Rp. 69.000.000.- melalui Program Bantuan Peumakmoe Gampong (BKPG), yang dana tersebut Rp.5.000.000,- untuk BUMK dan  Pekerjaan fisik perkerasan jalan Rp. 64.000.000,- Pelaksanaan pekerjaan dilaksanakan dalam 60 hari kerja.
Perkerasan Jalan ini letaknya di areal benteng,terdahulunya merupakan jalan utama dan sampai sekarang masig di gunakan sebagai jalan untuk menghubungkan antar dusun namun seringnya terjadi banjir untuk mencegah hal itu di buat beteng penahan air. Di tahun 2009 pernah pernah di lakukan perkerasan jalan namun seringnya berjalannya waktu jalan ini mengalami kerusakan yang mengakibatkan susahnya masyarakat untuk melakukan aktivitas sehari-hari dan susahnya mobil angkutan yang membawa hasil sawit masyarakat untuk keluar daerah membuat permintaaan masyarakat khususnya masyarakat dusun suka jadi untuk perbaikan  jalan tersebut.
Pada saat pelaksanaan pekerjaan masyarakat sangat antusias melaksanakan pekerjaan tersebut. Masyarakat sangat ingin pekerjaan tersebut  cepat selesai karena Perkerasan Jalan dan jalan tersebut memang merupakan jalan satu-satunya bagi masyarakat yang ada di dusun suka jadi dan pertemuan.
Perkerasan Jalan mempunyai makna yang sangat penting bagi masyarakat kampung Gelung karena harapan masyarakat dengan selesainya pembangunan Perkerasan Jalan nantinya dapat meningkatkan perekonomian warga dan dapat memasarkan hasil pertanian dan tambaknya sawit mereka dengan tepat waktu.
Sebelum terjadinya Perkerasan jalan masyarakat merasa khawatir dan lelah karena sebelum sampai pada tujuannya masyarakat yang hendak beraktivitas di luar pada saat musin hujan khususnya masyarakat yang bersepeda bukannya naik sepeda malah harus menjunjung sepedanya terlebih dahulu agar tidak jatuh, anak-anak yang hendak pergi ke sekolah harus membawa tas lebih untuk membawa sepatunya karena tidak bias di pakai dari rumah selian itu bagi yang sudah berkerja dengan mengunakan sepeda motor harus mendorong motornya untuk keluar dari dusun tersebut sampai pada jalan utama dikarenakan jalan yang licin berlubang-lubang sangat rupak.

Dengan selesainya Perkerasan Jalan di Kampung Gelung masyarakat mengucapkan terima kasih Pada Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan dan Bantuan keungan Peumakmoe Gampong khususnya dan harapan masyarakat  agar selamanya ada Bantuan Keungana Peumakmoe Gampong di Kecamatan seruwway dan di setiap kampung.      
Terima kasih yang sebesar – besarnya untuk Program Bantuan Keungan Peumakmoe Gampong !!!...................

Oleh:
Syamsuriani AFK Kecamatan Seruway
Kabupaten Aceh Tamiang
­­­­­­­­­

Tidak ada komentar:

Posting Komentar