Selasa, 01 Oktober 2013

Jalan Membawa Kesejahteraan



Dewasa ini, masyarakat sangat diberikan kemudahan dengan berbagai fasilitas yang melingkupi sarana dan prasarana agar mempermudah aktifitas sehari-hari. Pesatnya kemajuan teknologi telah banyak memberi sumbangsih dalam hal merubah gaya hidup dan pola pikir masyarakat. Sehingga segala permasalahan dapat diselesaikan dengan cara cepat dan mudah. Namun demikian, kemudahan teknologi tersebut tidak dapat dirasakan oleh semua masyarakat. Salah satunya adalah kesejahteraan masyarakat yang masih jauh dari rata-rata. Seperti halnya, dengan masyarakat desa Bukit Kranji kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang yang mayoritas mata pencahariannya masih di dominasi pada sector pertanian, adapun komoditi utama yang dihasilkan adalah beras, karet, sawit dan lain sebagainya. Salah satu kendala masyarakat desa Bukit Kranji selama ini adalah kondisi jalan untuk akses mereka keluar dari desa tersebut guna mendistribusikan hasil produksi pertanian mereka. Kondisi jalan yang selama ini mereka lalui sangatlah memprihatinkan mengingat kondisi jalan tersebut yang selalu tergenang air baik dari pembuangan masyarakat sendiri maupun air pada saat hujan yang menyebabkan erosi pada badan jalan.

Berikut foto dari keadaan jalan selama ini yg mereka lewati sebelum dilakukan perkerasan melalui program PNPM - MP Tahun Anggaran 2013 : 


             Kondisi ini juga dikarenakan oleh kondisi tidak adanya drainase jadi air hujan hanya akan tergenang dibadan jalan karena tidak tahu mau kemana air tersebut dialirkan, sehingga menyebabkan badan jalan yang tidak rata dan tergenang air .Apabila saat musim hujan tiba badan jalan tersebut kondisinya jadi seperti bubur akan sangat sulit dilalui oleh kendaraan masyarakat. Jalan ini sendiri pun kondisi tanahnya merupakan tanah lempung yang apabila tergenang air akan sangat sulit untuk dilalui. Jalan ini sendiripun merupakan akses utama ke desa sekitarnya, yaitu Alue Lhok dan Sukajadi Payabujuk, Lhok Medang Ara dan Bukit Panjang Dua. Mengingat hal demikan maka masyarakat pun mengusulkan untuk jalan perkerasan dan pekerjaan saluran beton.  Berikut rincian kegiatan PNPM – MP Tahun Anggaran 2013 :
·        Pembangunan Jalan Perkerasan
Ukuran dan dimensi : 5 m x 540 m
Panjang   : 540 M
Dengan Dana Fisik : Rp. 38.100.000

·        Pembangunan Saluran Beton
Ukuran dan dimensi : 0,5 m x 0,5 m x 0,3 m
Panjang : 100 M
Dengan Dana Fisik : 14.651.000

·        Dengan total dana OP UPK dan TPK  sebesar : Rp. 2.776.000
Jadi Nilai total dana yang dialokasikan untuk desa Bukit Kranji baik dana fisik dan Operasional nya adalah Rp. 55.527.000
             Foto tersebut menunjukkan kegiatan Perkerasan Jalan yang didanai PNPM – MP Tahun Anggaran 2013 yang sedang dikerjakan oleh masyarakat desa Bukit Kranji.

              Foto Diatas Menunjukkan Masyarakat Desa Bukit Kranji sedang melaksanakan kegiatan Saluran Beton yang masih masuk dalam pendanaan PNPM – MP Tahun Anggaran 2013.
             Waktu pelaksanaan kegiatan ini ditetapkan selama 90 hari dengan jumlah pemanfaatan sebanyak 392 orang. Adapun dampak dari terselesaikannya pekerjaan ini adalah mudahnya akses keluar-masuk desa Bukit Kranji sehingga masyarakat desa tersebut menjadi lebih mudah dalam beraktifitas sehari-hari. Jika biasanya mereka menempuh jalan tersebut susah payah dan membutuhkan waktu yang lumayan lama tapi sekarang mereka bisa melewatinya dengan mudah dan dengan waktu yang relatif singkat. Dari sisi ekonomi pun,masyarakat jadi lebih mudah mendistribusikan hasil produksi pertanian mereka untuk dijual ke desa tetangga atau pun ke kecamatan lainnya. Sehingga dengan sendirinya ekonomi masyarakat setempat juga turut mengalami perubahan ke arah yang lebih baik dari sebelumnya.

Gambar diatas menunjukkan hasil pekerjaan perkerasan jalan dan saluran beton yang didanai oleh PNPM – MP pada Tahun Anggaran 2013. Adapun talud yang terlihat pada gambar memang sudah ada sebelumnya dan bukan merupakan kegiatan yang didanai oleh PNPM – MP. (Karang Baru, Aceh Tamiang)




Disusun oleh Rezy Fariz Erlangga, ST
FT  Kec. Karang Baru
Kab. Aceh Tamiang
PNPM Mandiri Pedesaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar