Rabu, 25 September 2013

Tidak Perlu Galau Melintasi Setelah Hujan



Mayoritas mata pencaharian masyarakat adalah di sektor pertanian dan perkebunan, yang sangat menmbutuhkan jalan yang layak untuk dilalui guna membawa hasil pertanian dan perkebunan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Upaya pemerintahan kampung sekerak kiri dari masih bergabung dengan kecamatan karang baru hingga pemekaran menjadi kecamatan sekerak belum juga ada uluran tangan pemerintah kabupaten untuk membuat jalan tersebut menjadi layak untuk dilintasi masyarakat.
            Pada tahun 2012 masyarakat kampung sekerak kiri mendapatkan  suatu kesempatan untuk didanai melalui program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri perdesaan PNPM MPd dengan usulan perkerasan jalan dengan dana Rp. 339.538.000,-.
          Alangkah senang masyarakat kampung sekerak kiri dengan adanya PNPM MPd yang mendanai kegiatan perkerasan jalan yang menjadi idaman masyarakat kampung sekerak kiri.
Aceh Tamiang adalah sebuah kabupaten yang letaknya di ujung timur provinsi aceh yang juga sebagai pintu masuk utama ke provinsi aceh atau sering juga disebut wilayah perbatasan antara provinsi aceh dengan provinsi sumatera utara. Kabupaten aceh tamiang memiliki 11 kecamatan yang menjadi wilayah kabupaten aceh tamiang, diantaranya yaitu kecamatan sekerak yang memiliki 14 kampung dengan mayoritas masyarakatnya beragama islam dan suku melayu tamiang.

Salah satu kampung yang menjadi wilayah kecamatan sekerak adalah kampung Sekerak kiri dengan jumlah penduduk 160 jiwa dengan luas wilayah 12 ha, Wilayah Kampung Sekerak Kiri terletak di seberang sungai tamiang.
Masyarakat Kampung Sekerak Kiri masih banyak menggunakan transpotasi darat dibandingkan transpotasi air.
Dengan demikian transportasi darat yang dilalui masyarakat kampung menuju ke ibukota kabupaten tepatnya melintasi jalan kecamatan kejuruan muda yaitu kampung pangkalan.
           Setelah melalui proses perencanaan maka tibalah ke proses pelaksanaan dengan jangka waktu 3 bulan pelaksanaan, TPK ( tim pengelola kegiatan ) dengan masyarakat yang menjadi pekerja  dan juga menjadi pengwas dari kegiatan perkerasan jalan tersebut harus benar membantu proses pelaksanaan kegiatan yang akan menjadi suatu kebutuhan bagi kampung sekerak kiri.

 

Setalah dilakukan pelaksanaan yang cukup melelahkan dan masyarakat kampung sekerak kiri merasa sangat puas dan mengucapkan syukur atas bantuan yang sudah bermanfaat bagi masyarakat kampung sekerak kiri, sampai dengan saat ini masyarakat tidak bersusah payah lagi dalam melakukan aktifitas demi meningkat ekonomi keluarga, terima kasih PNPM MPd semoga selalu tampa pamrih dalam membangun desa wasallam.  

Oleh :
Syahrial Afani,ST
Fasilitator Teknik Kecamatan PNPM- MPd
Kab. Aceh Tamiang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar