Kamis, 26 September 2013

Siberat Pembawa Berkah

Bermula dari kesulitan dari sebuah desa yang terletak di dalam kawasan sebuah pemerintahan kecamatan seruway yang berada dibawah pemerintahan kabupaten aceh tamiang. Sebuah desa yang lahir dengan adanya transmigrasi lokal sehingga muncul sebuah desa dengan nama Alur Alim I. Layaknya desa-desa yang ada diIndonesia yang lahir karena adanya transmigrasi maka desa ini lebih dipenuhi oleh masyarakat  yang beretnis jawa. Sesuai dengan tradisi bagi masyarakat transmigrasi bertani dan berkebun merupakan penghasilan utama bagi mereka. 
Didukung dengan sumber daya alamnya dan tanah yang subur membuat desa tersebut dilimpahi hasil alam yang melimpah ruah. Lahan yang lebih banyak ditanami dengan kebun-kebun sawit dan karet membuat masyarakat membutuhkan sarana transportasi yang memadai ditambah lagi kebutuhan akan prasarana penghubung baik jalan maupun jembatan. Karena kebutuhan akan prasarana jembatan yang relatif banyak maka membuat warga desa ini patah arang. Namun para aparatur desa masih terus berfikir mencari solusi dari permasalahan ini. Akhirnya melalui Musyawarah Desa pada tahun 2012 maka muncullah satu usulan pembangunan jembatan 4 x 5 Meter yang difasilitasi dengan program PNPM-BKPG 2012. Layaknya usulan pada BKPG setiap desa akan didanai dengan bantuan sebesar 69.000.000,- dan harapan masyarakat yang awalnya mulai hampa kini makin terbuka dan mendekati kenyataan.

Usulan jembatan yang akan dibangun pada pembangunan BKPG 2012 relatif besar dibangun dengan biaya sebesar 30.000.000,- ini membuat TPK ( Tim Pengelola Kegiatan ) berputar kepala betapa tidak , jembatan yang akan dibangun nantinya akan dilewati oleh kenderaan yang akan selalu melintasi dengan beban yang tidak akan kurang dari 5 ton.  Akhirnya dengan perhitungan dan perencanaan yang matang maka perencanaan jembatan yang lebih pantas dinamakan dengan “ SIBERAT” ini selesai juga. 
Dan pada waktu pelaksanaan pekerjaan jembatan ini tidak terlepas dari kerja keras dari pelaku-pelaku didesa Alur Alim tersebut. Dimana pelaku Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Alur Alim antara lain : 1. Muhammad Hasan ( Ketua ) 2. Sugito ( Sekeretaris) 3.Syahrul Efendi ( Bendahara) dengan susah mereka bersusah payah ditambah dengan swadaya dari pekerja membuat pekerjaan pembangunan “ SIBERAT “ ini menjadi mudah. Hasil dari jerih payah dan kerja keras yang dilakukan akhirnya “SIBERAT” yang dinanti-nanti dapat diselesaikan juga dengan waktu pelaksanaan yang tidak lebih dari 30 Hari dan ditambah dengan waktu pemeliharaan selama 28 Hari guna penyiraman “SIBERAT” ini . 

Dan pada akhirnya kini “SIBERAT” telah dapat menyeberangkan hasil panen berupa sawit dan karet pada tiap minggunya tidak kurang dari 50 Ton tiap minggunya dan dilalui dengan kendaraan masyarakat desa ini.  Kini masyarakat desa desa Alur Alim telah dapat merasakan berkah dari “ SIBERAT” yang akhirnya muncul kata-kata “SIBERAT PEMBAWA BERKAH” dan masyarakat desa tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada program pemerintah yang sangat terkenal dengan nama PNPM-MPD (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat - Mandiri Pedesaan ) dan dengan membonceng PNPM MPD inilah BKPG dijalankan sampai dengan sekarang ini.   BRAVO PNPM
MUDAH-MUDAHAN PROGRAM INI MASIH DAPAT BERTAHAN DAN DIPERPANJANG LAGI.



By. MUHAMMAD ARIF ( Fasilisator Teknik )
Kecamatan Seruway Aceh Tamiang
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar