Selasa, 24 September 2013

Makanan dari Buah Keladi



Masyarakat Kampung Jamur Labu yang tinggal di kawasan Pertanian, tetapi banyak masyarakatnya tidak memiliki pekerjaan tetap dan banyak yang memiliki pekerjaan serabutan artinya tidak memiliki keterampilan khusus. Kecamatan Rantau memiliki dana kelembagaan yang di kelola oleh BKAD (Badan Kerja Antar Desa ). Dana tersebut untuk di gunakan pelatihan peningkatan kapasitas bagi kaum perempuan.

Rapat Internal di lakukan setiap bulan bersama Tim FK, BP-UPK, BKAD, PJOK , UPK dan perserta lain yang di undang

Rapat pada saat itu menggali potensi kampong Jamur Labu yaitu tentang pohon keladi yang banyak tumbuh di sekitar pekarangan penduduk jamur Labu, hampir setiap rumah memiliki tanaman keladi. Pada umumnya masyarakat Jamur Labu keladi hanya di manfaatkan sebagai makanan ringan. Sedangkan dalam pengelolaannya belum begitu berfariasi sebagai makanan ringan biasanya masyarakat hanya mengolah buah keladi dengan cara merebus atau di goreng sebagai makanan ringan mereka. Timbullah ide bagaimana buah keladi tersebut bisa di olah menjadi beberapa jenis makanan ringan yang suatu saat bisa menjadi tambahan pendapatan Kelompok Simpan Pinjam Perempuan.



Foto Kue Bolu Bronis dari Keladi
Maka pada tanggal 4 juli 2013 di lakukanlah pelatihan membuat makanan dari buah Keladi dengan beraneka jenis makanan yaitu membuat Dodol keladi, Donat Keladi, Bolu Keladi dan kerupuk keladi

Adapun dalam proses pembuatan dari awal sampai akhir masyarakat dilibatkan penuh, terutama si penerima manfaat, karena merekalah yang akan memanfaatkan keahlian dan keterampilan mereka agar bisa menambah pendapatan mereka.





Foto Kerupuk dari Keladi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar