Kamis, 26 Desember 2013

Pranata






Kelompok Pranata pertama kali terbentuk pada tahun 2000 yang mana berawal dari ibu-ibu arisan yang ingin berkembang mengenai usaha dan hal pendapatannya sehingga terbentuklah satu kelompok yang beranggotakan 15 orang dari penduduk setempat.
Awalanya mula kelompok ini berdri sendiri, namun dengan semangat para anggotanya yang ingin berkembang dan lebih maju dalam usahanya maka para anggota tersebut memutuskan untuk memperluas usahanya dengan tambahan modal. Pada saat itu di Kecamatan Seruway banyak lembaga yang dapat memberikan modal usaha salah satunya adalah Bank BRI setempat, namun dengan banyak pertimbangan akhirnya anggota Kelompok Pranata memutuskan untuk meminjamkannya ke PPK.
Tahun 2003 tepatnya di bulan Desember kelompok Pranata mendapat bantuan dana SPP dari PPK sebesar Rp. 9.500.000,-,dana tersebut di manfaatkan oleh anggota kelompok dengan sebaik mungkin untuk mengembangkan usahanya masing-masing sehingga pengembalian pinjaman dana tersebut lancar, melihat kondisi tersebut maka para anggota kelompok Pranata yang selalu mengadakan arisan bulanan ingin meningkatkan lagi pinjamannya, dan berdasarkan hasil evaluasipun pihak Unit Pengelola Kegiatan (UPK) beserta pelaku PPK Kecamatan Seruway juga memberikan tambahan modal di setiap tahunya berdasarkan permintaan anggota kelompok juga rekomendasi hasil musyawarah di Kecamatan tersebut sehingga pada saat ini tahun 2013 kelompok Pranata sudah meminjam modal usaha ke UPK PNPM-MPd (peralihan nama program dari PPK menjadi PNPM-MPd) Kecamatan Seruway sebesar Rp.100.000.000,- .
Adapun usaha anggota kelompok Pranata ini berfariasi, ada yang petani juga ada yang jualan, salah satunya yaitu ibu Sayana Dewi yang usahanya adalah jualan kelontong. Pada awalnya Ibu Sayana Dewi cuma jualan kecil-kecilan dirumahnya, seiring dengan perjalanan waktu dengan bermodalkan dari dana sendiri juga bantuan pinjaman modal dari PPK / PNPM-MPd usaha jualan ibu Sayana Dewi pun berkembang pesat.

 



Kunjungan Ke Kecamatan Seruway
Bersama Ibu Galuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar